Informasi Cara Beli Pulsa Listrik Lewat SMS Banking BRI

Cara Beli Pulsa Listrik Lewat SMS Banking BRI - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Cara Beli Pulsa Listrik Lewat SMS Banking BRI. SMS banking adalah salah satu pilihan cara bertransaksi perbankan menggunakan pesan singkat di HP. Bentuk transaksi itu bisa berupa transaksi keuangan maupun transaksi non keuangan. Transaksi non keuangan yaitu transaksi yang tak berhubungan dengan perpindahan jumlah dana dalam rekening, contohnya untuk mengecheck saldo. Sementara transaksi keuangan yaitu transaksi perbankan dengan terjadinya perpindahan dana, sehingga saldo rekening akan bertambah ataupun berkurang, contohnya mentransfer uang atau melakukan pembayaran listrik.
Fitur SMS Banking umumnya tersedia berbentuk aplikasi siap pakai yang diberikan tiap-tiap bank. Misalnya aplikasi mBanking yang disediakan oleh bank BRI yang disesuaikan dengan platform ponsel yang digunakan apakah Android, iOS, Windows Phone atau BlackBerry. Selain di website resmi BRI, aplikasi SMS banking BRI dapat juga diunduh di Apps market untuk kemudian diinstal di smartphone. Aplikasi SMS Banking BRI sudah tersedia fitur lengkap untuk kebutuhan transaksi. Dengan begitu pengguna tak usah susah-susah lagi mengetikkan format perintah SMS yang sering susah untuk dihapalkan. Namun bila aplikasi SMS banking tak bisa digunakan dengan semestinya, atau ponsel yang digunakan tak menggunakan platform seperti di atas maka SMS banking berbentuk teks masih diperlukan.

Berikut contoh cara beli pulsa listrik lewat SMS banking BRI menggunakan aplikasi mBanking BRI :
  • Anda sebagai nasabah BRI sebelumnya anda harus mendaftar lebih dahulu untuk mengaktifkan SMS banking BRI di kantor cabang atau lewat ATM BRI. Setelah terdaftar dalam jaringan SMS banking BRI, unduh aplikasi mBanking BRI dan instal di smartphone yang akan anda gunakan.
  • Silakan membuka aplikasi mobile Banking BRI.
  • Dari menu yang tersaji pilih menu " Isi Ulang ".
  • Kemudian pilih opsi " PLN ".
  • Langkah selanjutnya dengan memilih tipe transaksi, tab pada pilihan PLN PRA BAYAR, ketikkan ID pelanggan PLN. Isikan jumlah token listrik yang akan dibeli. Harga token pulsa listrik paling sedikit yakni Rp. 20 ribu setelah itu tab tombol OK.
  • Ketiklah PIN SMS banking yang anda dapatkan saat pengaktifan SMS banking BRI, tab tombol SEND.
  • Anda akan memperoleh penegasan " Mobile Banking BRI akan melakukan transaksi menggunakan SMS ", cukup tab saja tombol OK.
  • Berikutnya akan ada pemberitahuan kelanjutan dengan isi " Transaksi berhasil terkirim. Silahkan cek inbox SMS untuk status transaksi. " Anda tinggal men-tab tombol OK.
  • Selanjutnya anda akan memperoleh SMS dari pihak bank dimana di situ tercantum nomor ID pelanggan PLN Prabayar berikut kode 20 digit Nomor Token pulsa prabayar yang nanti akan anda inputkan di meteran listrik dirumah anda.
Sedangkan cara beli pulsa listrik lewat SMS banking BRI menggunakan format plain text biasanya dikirimkan ke nomor 3300. Format SMS banking berbentuk palin text selengkapnya bisa anda dapatkan di situs resmi bank BRI.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai Cara Beli Pulsa Listrik Lewat SMS Banking BRI. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.