Informasi Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri

Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri. Reksadana merupakan salah satu produk investasi yang mana nasabah memasrahkan sejumlah dana yang dimilikinya untuk dikelola manager investasi (MI) yang nanti akan ditanamkan dalam saham, obligasi maupun forex. Kepemilikan reksadana diwujudkan sebagai unit penyertaan dimana harga unit penyertaan setiap harinya bisa meningkat atau menurun menyesuaikan keadaan pasar. Kondisi itu dinamakan dengan resiko investasi. Reksadana bisa dimiliki dengan membelinya ke manager investasi ataupun lewat agen penjual yang salah satunya ialah bank. Bank Mandiri merupakan satu agen penjual reksadana secara retail yang terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), dengan Surat Tanda Terdaftar No. 07/BL/STTD/APERD/2007 tanggal 21 Februari 2007.

Secara umum ada beberapa kelebihan berinvestasi di reksadana yakni : Reksadana meletakkan dananya pada beberapa jenis instrumen investasi untuk meminimalisir resiko, reksadana dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah mengantongi ijin dari BAPEPAM-LK, likuiditas yang tinggi berarti reksadana bisa diuangkan kapan saja sesuai keinginan nasabah dan banyak pilihan reksadana sesuai dengan tingkat resiko dan imbal hasil yang dinginkan.

Cara membeli reksadana di bank Mandiri cukup sederhana dengan pembelian awal setidaknya Rp. 500 ribu. Yang dibutuhkan yaitu dana yang akan diinvestasikan dalam reksadana, KTP dan juga NPWP. Produk reksadana yang tersedia di bank Mandiri yaitu dari sejumlah manajer investasi dengan pilihannya berupa reksadana pendapatan tetap, pasar uang, campuran dan reksadana saham. Seperti dijelaskan sebelumnya untuk pembelian (subscription) awal minimal Rp. 500 ribu. Sedangkan untuk pembelian berikutnya menyesuaikan dengan harga unit reksadana yang diinginkan. Beberapa jenis reksadana yang dijual di bank Mandiri bisa dibeli hanya dengan Rp. 100 ribu.

Sayangnya tidak setiap cabang bank Mandiri menyediakan layanan pembelian reksadana, namun cuma ada di beberapa cabang tertentu. Cara membeli reksadana di bank Mandiri ini harus datang ke kantor cabang yang akan dilayani customer service sebab belum disediakan pembelian via online. Pertama nasabah harus mengisi formulir pembelian reksadana dan lalu menyetor dananya lewat teller. Disediakan juga Installment Plan yaitu proses pembelian reksadana secara rutin setiap bulan pada tanggal tertentu, boleh di awal maupun diakhir bulan selama periode waktu yang sudah ditentukan. Nantinya dana diambilkan dari saldo rekening tabungan secara otomatis.

Apabila Anda ingin melakukan pembelian reksadana lagi, prosesnya juga harus melewati customer service. Dianjurkan untuk datang ke cabang bank Mandiri pagi hari saat baru buka sehingga nasabah bisa menggunakan NAB (nilai aktiva bersih) dari reksadana yang akan dibelinya. Sedangkan apabila ingin menjual reksadana yang dimiliki atau istilahnya redemption, cukup dengan melengkapi form penjualan lewat customer service dan dana hasil penjualan akan otomatis dikirimkan ke rekening tabungan nasabah. Nasabah yang membeli reksadana juga setiap bulannya akan dikirimi statement yang berisi perkembangan unit penyertaan reksadana yang dimilikinya. Pengiriman dilakukan lewat pos walau terkadang agak terlambat.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai Cara Membeli Reksadana di Bank Mandiri. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.